Aturan Baru Menteri Pendidikan:Pramuka Tak Lagi Jadi Ekskul Wajib bagi Siswa

#Pramuka#Menteri Pendidikan#Nadiem

 

Foto : Ilustrasi (https://www.smknuris.sch.id/pramuka)

campur.id-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan sekolah tetap wajib menyediakan ekstrakurikuler Pramuka bagi siswa-siswi sekolah menengah (SMP-SMA). Namun keikutsertaan siswa-siswi bersifat sukarela. Kegiatan kemah di Pramuka kini tidak lagi wajib.

Hal ini dijelaskan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo, lewat siaran pers tertulis, Senin (1/4/2024).

Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah telah terbit. Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024 itu menyatakan pihak sekolah wajib menyediakan Pramuka bagi siswa-siswinya.

"Permendikbudristek 12/2024 tidak mengubah ketentuan bahwa Pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib disediakan sekolah. Sekolah tetap wajib menyediakan setidaknya satu kegiatan ekstrakurikuler, yaitu Pramuka," ujar Anindito di Jakarta.

Wajib tapi Sukarela

Keikutsertaan murid dalam kegiatan ekstrakurikuler juga bersifat sukarela. Sifat sukarela dalam kegiatan ini didasarkan pada undang-Undang.

"UU Nomor 12 Tahun 2010 (tentang Gerakan Pramuka) menyatakan bahwa gerakan pramuka bersifat mandiri, sukarela, dan nonpolitis. Sejalan dengan hal itu, Permendikbudristek 12/2024 mengatur bahwa keikutsertaan murid dalam kegiatan ekstrakurikuler, termasuk Pramuka, bersifat sukarela," papar Anindito.

Kemah Tak Wajib

Peraturan dari Mendikbudristek Nadiem Makarim itu juga merevisi bagian Pendidikan Kepramukaan dalam Model Blok yang mewajibkan perkemahan, menjadi tidak wajib. Namun, jika satuan pendidikan akan menyelenggarakan kegiatan perkemahan, tetap diperbolehkan.

Pendidikan Kepramukaan memiliki tiga model, yakni Blok, Aktualisasi, dan Reguler. Model Blok merupakan kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberi penilaian umum. Model Aktualisasi merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal. Adapun Model Reguler merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di gugus depan.

Kemendikbudristek memastikan akan memperjelas ketentuan teknis mengenai ekstrakurikuler Pramuka dalam Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan terbit sebelum tahun ajaran baru. "Pada intinya setiap sekolah tetap wajib menawarkan Pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler. Ketentuan ini tidak berubah dari kurikulum sebelumnya," tutup Anindito.

Komparasi

Sebelum adanya Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 ini, sudah ada Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Soal Sifat Wajib dan Sukarela

Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014

Pasal 2

(1) Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah.

(2) Kegiatan Ekstrakurikuler wajib merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik;

Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024

Catatan: Tidak ada bunyi aturan mengenai sifat wajib atau tidak wajib untuk Pramuka. Pasal yang relevan dengan ini adalah pasal mengenai sifat sukarela dari siswa-siswi untuk mengikuti ekstrakurikuler.

Pasal 24

Keikutsertaan Peserta Didik dalam Ekstrakurikuler bersifat sukarela.

Soal Kemah

Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014

Pasal 3

(1) Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan dalam 3 (tiga) Model meliputi

Model Blok, Model Aktualisasi, dan Model Reguler.

(2) Model Blok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kegiatan

wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan

diberikan penilaian umum.

Permendikbud Nomor 12 Tahun 2024

Catatan: Tidak ada bunyi aturan mengenai wajib dan tidaknya perkemahan dalam Pramuka. Hanya, menurut siaran pers Kemendikbudristek, kegiatan perkemahan dinyatakan tidak lagi wajib.


sumber : news.detik.com


COMMENTS

Nama

Headline,149,Kesehatan,10,Olahraga,44,otomotif,14,Peristiwa,60,seleb,7,Teknologi,15,video,25,
ltr
item
campur id-Informasi Teraktual: Aturan Baru Menteri Pendidikan:Pramuka Tak Lagi Jadi Ekskul Wajib bagi Siswa
Aturan Baru Menteri Pendidikan:Pramuka Tak Lagi Jadi Ekskul Wajib bagi Siswa
#Pramuka#Menteri Pendidikan#Nadiem
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZEfnk77ugniZM2ELiAnBgfCY3vYS_OfvCbTOxPyT5GCb_RE0awxFuZ2gZZR8nTgXNPVCZ55fNqI2yN5_-foiO7abubBXhLoo0oQddg7CswweYxBO1OwlDjwJWnn-qnpCIXgOsxR237B5ebmkPHifD-I8RS-21wnAivCRBR1dBI43uqaPOUDqBxeVBRZI/s16000/Pramuka.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZEfnk77ugniZM2ELiAnBgfCY3vYS_OfvCbTOxPyT5GCb_RE0awxFuZ2gZZR8nTgXNPVCZ55fNqI2yN5_-foiO7abubBXhLoo0oQddg7CswweYxBO1OwlDjwJWnn-qnpCIXgOsxR237B5ebmkPHifD-I8RS-21wnAivCRBR1dBI43uqaPOUDqBxeVBRZI/s72-c/Pramuka.png
campur id-Informasi Teraktual
https://www.campur.id/2024/04/aturan-baru-menteri-pendidikanpramuka.html
https://www.campur.id/
https://www.campur.id/
https://www.campur.id/2024/04/aturan-baru-menteri-pendidikanpramuka.html
true
2898025736807226957
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content